Minggu, 24 Maret 2013

BERBAGI ARTIKEL


CARA CEGAH MAAG
BUAT SI SUPER SIBUK 

Sakit maag merupakan penyakit favorit yang sering dialami oleh para eksekutiv muda . Ketidakteraturan , stress, tekanan pekerjaan dan sering melewatkan waktu makan membuat mereka lebih mudah terkena penyakit ini.

Pakar kesehatan pencernaan dari Departement Ilmu Penyakit Dalam FKUI – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Dr. Ari Fahrial Syam , SpPD, KGEH mengungkapkan , prevalensi terjadinya sakit maag pada masyarakat di amerika serikat hampir mencapai 26 % dan di Inggris Hampir 41% . Sementara penelitian terakhir  pada masyarakat Jakarta beberapa tahun lalu menemukan hampir 50% masyarakat  Jakarta menderita sakit maag 
.
“ Sebagian besar sakit maag yang terjadi di masyarakat adalah sakit maag fungsional “ Kata Ari .
Hal itu terjadi karena keluhan sakit maag yang timbul pada pasien akibat ketidak teraturan makan , konsumsi makanan camilan , seperti makanan yang berlemak , asam dan pedas sepanjang hari , konsumsi minuman bersoda dan minuman kopi, merokok dan juga factor Stres. 

Ari menjelaskan agar seseorang dapat terbebas dari sakit maag , selain dengan mengkonsumsi obat – obatan , pengendalian stress, istirahat yang cukup dan mengatur pola makan adalah dengan cara berolah raga yang teratur .
Selain itu ada beberapa makanan dan minuman juga harus di perhatikan agar dihindari untuk di konsumsi sebagai mana dipaparkan oleh Ari berikut ini”

  •         Hindari makanan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat , antara lain sayuran tertentu ( sawi, kol ), Buah –buahan tertentu ( nangka , pisang ambon), makanan berserat tertentu ( kedongdong, buah yang di keringkan), minuman yang mengandung gas ( Seperti minuman bersoda )
  •         Hidari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung , antara lain kopi, minuman berakohol 5%-20% anggur putih , sari buah sitrus , atau susu full cream,
  •          Hindari makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung, hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambungyang pada akhirnya dapat meningkatkan asam lambung , seperti makanan berlemak , kue tart, coklat, serta keju
  •          Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas , merica dan bumbu yang merangsang . Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan , antara lain alcohol , coklat , makanan tinggi lemak, serta gorengan.
  •          Selain makanan minuman di atas , ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari oleh penderita sakit maag , yaitu seperti beras ketan, mie, bihun , bulgur, jagung , ubi, singkong , talas, dan dodol.
  •          Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan , seperti antara lain makan permen . khususnya permen karet dan merokok.    

Dikutip dari : Majalah Hospital Healt Directory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar